Jumat, 15 Mei 2009

TUGAS GEO Rumput Laut

MANFAAT RUMPUT LAUT, CEGAH KANKER DAN ANTIOKSIDAN
RUMPUT LAUT BAHAN PANGAN LEZAT MULTI KHASIAT

Trendgaya hidup sehat dengan pola makan tinggi serat semakin membudaya dimasyarakat kita. Karenanya rumput laut sebagai “ratu serat” jugasemakin menanjak popularitasnya. Tak Cuma itu, khasiatnya yang beragamsemakin menambah daya tarik tanaman dari dasar samudera ini.

SEKILAS TENTANG RUMPUT LAUT
Sebagai bahan pangan, rumput laut telah dimanfaatkan bangsa Jepang danCina semenjak ribuan tahun yang lalu. Sebenarnya apa rumput laut itu?.Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis alga, masyarakat Eropamengenalnya dengan sebutan seaweed. Tanaman ini adalah gangangmultiseluler golongan divisi thallophyta. Berbeda dengan tanamansempurna pada umumnya, rumput laut tidak memiliki akar, batang dandaun. Jika kita amati jenis rumput laut sangat beragam, mulai dari yangberbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahanbercabang-cabang. Rumputlaut biasanya hidup di dasar samudera yang dapat tertembus cahayamatahari. Seperti layaknya tanaman darat pada umumnya, rumput laut jugamemiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. Warna inilah yangmenggolongkan jenis rumput laut. Secara umum, rumput laut yang dapatdimakan adalah jenis ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau(chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat(phaeophyceae).


HASIL OLAH RUMPUT LAUT
Beragam hasil olah rumput laut dapat dijumpai di pasaran, mulai dari yangkering, bubuk maupun yang segar. Berikut beberapa diantaranya:
Nori: Noridibuat dari rumput laut yang dihaluskan. bubur rumput laut ini kemudiandihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis. Proses selanjutnyadikeringkan sehingga bentuknya lembaran menyerupai kertas. Nori banyakdigunakan pada masakan Jepang, mulai dari pembungkus sushi, udanggulung atau rollade goreng. Pilih nori yang lentur, kering dan warnanyahitam mengkilat.
Kombu dan Wakame Sejenisganggang laut yang dikeringkan. Kombu adalah bahan dasar membuat kaldupada masakan Jepang. Setelah direbus kuahnya untuk kaldu dan kombunyadigunakan untuk isi soup, salad atau tumisan. Sedangkan wakame,bentuknya hampir menyerupai kombu, biasanya digunakan untuk campuransalad, isi soup atau campuran mie. jangan merebus wakame lebih darisatu menit untuk mendapatkan citarasa yang maksimal.
Manisan Rumput Laut Diperolehdari rumput laut segar, kemudian dicuci, direbus dan diolah denganlarutan gula sebagai pengawetnya. Citarasanya menyegarkan danteksturnya kenyal juga renyah, sangat cocok untuk campuran es, puddingdan aneka dessert.
Agar-agar Prosesmembuat agar-agar sangat panjang. Tahap pertama pemilihan jenis rumputlaut yang akan digunakan, yaitu jenis gracilaria sp atau gelidium sp.Slanjutnya proses pemecahan dinding sel, pemasakan(ekstrasi) sampaipada pengeringan. Dipasaran banyak dijumpai agar-agar dalam anekabentuk, baik yang batangan maupun serbuk.

GIZI TERKANDUNG DAN MANFAATNYA
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat, berikut beberapa diantaranya:
Antikanker PenelitianHarvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanitapremenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kankerpayudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makanwanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.
Antioksidan Klorofilpada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat inimembantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangatberbahaya bagi tubuh.
Mencegah Kardiovaskular ParaIlmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanandarah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsirumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihangaram pada tubuh.
Makanan Diet Kandunganserat(dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifatmengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangatbaik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicernasehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.

Dikutip dari :
blog-indonesia.com/blog-archive-853-44.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar